SDN 3 Jatiwangi Kota Bima.melaksanakan pengelolaan kinerja yaitu obsevasi kepala sekolah dengan tema sosialisasi visi misi sekolah

Senin, 26 Mei 2025
SDN 3 Jatiwangi Kota bima,pada pukul 10.30 wib melaksanakan Pengelolaan Kinerja yaitu Observasi kepala sekolah dengan Tema Sosialisasi visi misi sekolah dengan Pengawas Pembina Ibu Erna Astuti S.Pd. Proses ini bertujuan untuk menilai efektivitas kepemimpinan, manajemen sekolah, dan kualitas pembelajaran di bawah kepemimpinan ibu Ernah S.Pd I selaku Pimpinan SDN 3 Jatiwangi Kota Bima.
Tujuan Observasi Kepala Sekolah:
Menilai kinerja kepala sekolah:
Menilai kemampuan kepala sekolah dalam menjalankan tugas-tugasnya, seperti memimpin, mengelola, dan mengembangkan sekolah.
Memberikan umpan balik konstruktif:
Memberikan saran dan rekomendasi kepada kepala sekolah untuk meningkatkan kinerjanya.
Mengembangkan potensi kepala sekolah:
Membantu kepala sekolah dalam mengembangkan keahlian dan kompetensinya di bidang kepemimpinan dan manajemen sekolah.
Meningkatkan kualitas pembelajaran:
Memastikan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berdampak positif pada proses pembelajaran di sekolah.
Proses Observasi Kepala Sekolah:
1. Persiapan:
Kepala sekolah mempersiapkan diri untuk observasi, termasuk mempersiapkan dokumen dan informasi yang diperlukan.
Pengawas atau atasan menentukan target perilaku yang akan diobservasi, jadwal observasi, dan metode pengumpulan data.
2. Pelaksanaan Observasi:
Pengawas atau atasan melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan kepala sekolah di sekolah, seperti rapat, kegiatan belajar mengajar, dan interaksi dengan guru dan siswa.
Pengawas atau atasan mencatat bukti perilaku kepala sekolah dan memberikan penilaian sesuai dengan target perilaku yang telah ditentukan.
3. Umpan Balik dan Tindak Lanjut:
Pengawas atau atasan memberikan umpan balik kepada kepala sekolah berdasarkan hasil observasi.
Kepala sekolah dan pengawas atau atasan merencanakan tindak lanjut untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah.
Contoh indikator kinerja kepala sekolah yang diobservasi:
Kemampuan memimpin diskusi dan memberikan umpan balik.
Kemampuan memfasilitasi kegiatan pembelajaran.
Kemampuan mengelola sumber daya sekolah.
Kemampuan membangun hubungan baik dengan guru, siswa, dan orang tua.
Kemampuan mengembangkan visi dan misi sekolah.